Ketahui Penyebab dan Gejala Terjadinya Lahir Prematur pada Bayi

Bayi prematur merupakan kondisi lahir bayi yang disebabkan oleh ketidakmampuan ibu dalam melakukan persalinan normal. Lahirnya bayi secara prematur akan berisiko panjang bagi sistem imun bayi ke depannya. Anda perlu mengetahui penyebab dan gejala bayi lahir dengan prematur agar bisa menghindarinya seoptimal mungkin.

Apa itu Kelahiran Prematur?

Kelahiran prematur pada bayi merupakan kelahiran yang terjadi saat usia kandungan masih kurang 3 minggu atau lebih untuk melakukan persalinan normal. Usia kandungan 40 minggu yang bisa melakukan persalinan bayinya secara normal.

Padahal Anda perlu mengetahui bahwa minggu-minggu akhir dari masa kehamilan merupakan masa yang paling penting terhadap proses pertumbuhan janin. Masa akhir kehamilan merupakan waktu khusus untuk perkembangan otak dan paru-paru bayi Anda. Bayi yang lahir prematur akan berisiko mengalami gangguan medis yang lebih tinggi sehingga perlu dirawat di rumah sakit.

Apa Penyebab Terjadinya Bayi Lahir Secara Prematur?

  1. Kebiasaan Hidup yang Buruk

Kebiasaan hidup yang buruk pada seorang ibu akan berdampak saat masa kehamilan. Kebiasaan yang berisiko terjadinya kondisi bayi yang tidak normal sehingga harus lahir secara prematur yaitu merokok sebelum maupun saat hamil. Selain itu juga kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau menggunakan narkoba pada masa kehamilan

  1. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan yang tidak sehat akan berdampak pada bayi Anda seperti kekurangan atau kelebihan berat badan sebelum kehamilan. Kemudian kekurangan gizi yang akhirnya terjadi saat masa kehamilan dan berdampak pada pertumbuhan janin di dalam kandungan. Adanya penyakit seperti tekanan darah tinggi atau diabetes yang dialami oleh ibu saat masa kehamilan.

  1. Riwayat Kehamilan

Anda yang bayinya berisiko lahir secara prematur yaitu memiliki riwayat bayi sebelumnya yang lahir secara prematur. Pernah mengalami keguguran di kehamilan sebelumnya atau bahkan pernah melakukan aborsi. Kondisi kehamilan yang memiliki jeda sangat singkat dengan kehamilan sebelumnya. Serta kondisi mengandung bayi kembar juga menjadi penyebab.

  1. Kondisi Kehamilan

Adanya kondisi kehamilan yang terjadi seperti adanya permasalahan pada pada rahim, serviks, dan juga plasenta. Anda mengalami infeksi cairan ketuban atau sistem reproduksi. Bayi prematur juga bisa terjadi karena proses kehamilan yang terjadi melalui vitro fertilization (pembuahan di luar rahim).

Bagaimanakah Gejala Kelahiran Prematur?

Gejala-gejala kelahiran prematur yang akan terjadi pada ibu hamil yaitu terasa sakit pada punggung bagian bawah. Mengalami kontraksi setiap 10 menit pada bagian perut. Terjadinya kram di bagian perut bawah. Anda juga akan mengalami keluar cairan dari vagina.

Bahkan Anda bisa sampai mengalami pendarahan di vagina. Gejala yang ringan yaitu Anda sering mengalami keputihan dengan pinggul yang terasa tertekan. Selain itu, Anda juga akan merasa mual, muntah, atau bahkan diare secara terus menerus.

Kondisi kesehatan ibu merupakan bagian penting selama masa kehamilan yang perlu diperhatikan. Anda harus melakukan perawatan yang optimal selama masa kehamilan dengan membeli berbagai kebutuhan selama hamil. Kebutuhan seperti celana hamil, susu, dan juga suplemen yang bisa Anda dapatkan di Orami dengan harga promo lebaran diskon hingga 30%.

Category: LifestyleTags:
author
No Response

Leave a reply "Ketahui Penyebab dan Gejala Terjadinya Lahir Prematur pada Bayi"