Hal penting terkait biaya untuk Apartemen Jakarta Selatan

Tidak sedikit orang yang menganggap apartemen sebagai sebuah istana yang bernilai tinggi dan untuk dapat memilikinya membutuhkan proses yang cukup merepotkan apa lagi jika membelinya di daerah perkotaan seperti apartemen Jakarta Selatan dan sekitarnya. Meski mungkin nampak demikian namun sebetulnya untuk memiliki sebuah apartemen hampir sama dengan seperti saat kita membeli sebuah rumah, bahkan saat ini pembelian apartemen semakin dipermudah dengan adanya KPA atau kredit pemilikan apartemen. Dengan adanya KPA, anda bisa semakin mudah lagi dalam melakukan proses pembelian unit apartemen. Akan tetapi sebelum anda melangkah lebih jauh lagi, berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terutama terkait biaya yang diperlukan dalam pembelian unit di apartemen selain harga jual unit itu sendiri.

Faktor penting terkait dengan Apartemen Jakarta Selatan

PPJB (perjanjian perikatan jual beli)

Pada saat melakukan pembayaran booking fee untuk apartemen Jakarta Selatan, anda akan menjumpai biaya administrasi yang dibebankan berupa PPJB atau perjanjian perikatan jual beli dalam proses pembelian apartemen menggunakan KPA. Ini adalah sebuah perjanjian yang dilakukan antara anda sebagai calon pembeli dengan calon penjual objek tanah dan bangunan yang harus dilakukan sebelum dibuatkan AJB atau akta jual beli. Ini menjadi ikatan awal yang dibuat di bawah tangan tanpa melibatkan pihak notaris PPAT atau dikenal dengan sebutan akta non otentik, namun perlu diketahui jika ini tidak mengikat tanah dan sama sekali tidak mengakibatkan beralihnya status kepemilikan tanah. Sedangkan AJB merupakan perjanjian akta otentik yang diterbitkan oleh notaris PPAT yang merupakan suatu syarat dalam transaksi jual beli apartemen maupun rumah, inilah yang mengakibatkan status kepemilikan tanah berubah atau istilah lainnya adalah balik nama dari penjual ke pembeli.

Notaris

Jika anda membeli apartemen sendiri tanpa kpa mungkin anda akan lebih direpotkan oleh banyak hal mulai dari mencari notaris sampai dengan biaya yang ditentukan oleh notaris itu sendiri. sedangkan jika anda membeli sebuah unit apartemen Jakarta Selatan dengan fasilitas kpa dari bank, maka anda tak perlu repot lagi karna sudah disediakan notaris rekanan dengan biaya yang juga telah ditentukan seperti cek sertifikat, validasi pajak, AJB dan biaya balik nama.

Bank

Salah satu faktor penting yang tidak akan bisa anda dispensasikan jika anda ingin memiliki apartemen Jakarta Selatan  adalah pihak bank sendiri. Anda juga perlu mengeluarkan biaya administrasi dari bank seperti biaya apraisal sebagai biaya administrasi pengajuan kredit, biaya pelunasan sebelum jatuh tempo kredit atau PSJT yang akan dibebankan saat anda melunasi cicilan KPA yang kurang dari satu tahun, biaya asuransi kebakaran dan premi asuransi jiwa yang dibawarkan langsung di awal dengan total lamanya waktu kredit atau bisa juga diangsur tiap bulannya, dan tak boleh lupa juga ada pengeluaran yang harus anda sediakan di tabungan sebesar satu kali angsuran yang secara otomatis akan dibekukan oleh pihak bank.

Sertifikat hak milik atas satuan rumah susun

Selain pihak Bank pastikan anda melakukan pengecekan dokumen dokumen penting saat hendak melakukan transaksi. Dokumen yang kami maksud adalah sertifikat hak milik. Biasanya biaya sertifikat hak milik atas satuan rumah susun ataupun apartemen Jakarta Selatan juga harus anda siapkan, namun biasanya biaya sertifikat ini juga telah masuk dalam satu paket dengan biaya balik nama dan AJB. Sehingga bisa dibilang tidak terlalu bermasalah atau menjadi problem karena biasanya sudah tersedia bersama dengan AJB.

Pemeliharaan apartemen

Biaya terkait service charge atas apartemen Jakarta Selatan juga akan dibebankan pada anda di mana servis yang dimaksud di sini mencakup layanan keamanan, pemeliharaan gedung dan fasilitas lainnya, serta layanan kebersihan. Umumnya biaya pemeliharaan apartemen wajib disetorkan pada saat serah terima maupun pembayaran apartemen, besaran biaya pemeliharaan juga tergantung pada kebijakan yang berlaku di apartemen anda. Jadi bisa dibilang nantinya biaya pemeliharaan apartemen akan berbeda beda dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena itu pastikan anda juga mengecek hal ini terlebih dahulu supaya tidak terjadi masalah di lain hari.

Itulah beberapa faktor penting yang kemungkinan besar akan mempengaruhi biaya pembelian atau sewa sebuah apartemen. Perlu anda ingat bahwa apartemen Jakarta Selatan merupakan salah satu apartemen yang berada di lingkup kota besar atau malah ibu kota. Sehingga pembayaran untuk pembelian dan sewa kami yakini akan lebih mahal atau besar dibandingkan dengan apartemen di daerah lain di Indonesia. Oleh karena itu persiapkan juga dana anda dengan lebih bijaksana dan pastikan sebelum membeli apartemen tersebut anda memang sudah yakin bahwa pengeluaran biaya untuk apartemen tersebut memang layak untuk anda keluarkan karena dengan harga yang tinggi itu berarti anda sudah siap dengan resiko yang akan anda dapatkan dengan membeli atau menyewa apartemen di Jakarta Selatan.

 

Category: LifestyleTags:
author
No Response

Leave a reply "Hal penting terkait biaya untuk Apartemen Jakarta Selatan"