Ciri-Ciri Aki Motor yang Perlu Diganti di Bengkel Honda

Banyak permasalahan yang dapat terjadi pada motor Anda sehingga melakukan service motor Honda secara rutin merupakan langkah yang terbaik. Aki merupakan salah satu masalah pada motor yang akan dapat membuat mesin motor mengalami mogok. Berikut ciri-ciri aki motor yang menandakan Anda harus segera menggantinya.

  • Umur Aki

Aki motor yang ada pada motor memiliki lama waktu pemakaian rata-rata selama 2 tahun. Jika waktunya sudah lebih dari dua tahun maka Anda harus segera melakukan penggantian aki ke bengkel resmi Honda.  Anda dapat mengetahui usia aki dengan melihat tanggal pembelian yang dituliskan di aki.

Meskipun begitu aki bisa menjadi rusak lebih cepat sebelum dua tahun jika Anda melakukan modifikasi pada motor yang tidak sesuai. Seperti modifikasi pada lampu yang terkadang dayanya tidak cocok sehingga membuat aki lebih cepat soak atau rusak. Anda harus mengganti lampu yang sesuai dengan motor saat melakukan service motor Honda.

  • Aki Mulai Tercium Bau

Timbulnya bauk tidak sedap pada aki menandakan bahwa aki motor Anda sudah mulai rusak. Bau yang tidak sedap pada aki ini terjadi karena adanya sel-sel di dalam aki yang sudah mengalami kerusakan. Kerusakan ini dapat diketahui lebih awal jika Anda melakukan service secara rutin dan tepat waktu. Lakukan service ke bengkel Honda resmi merupakan langkah yang tepat.

  • Susah Menyala

Anda dapat mengetahui kerusakan aki ketika menghidupkan motor menggunakan stater namun tidak mau langsung hidup. Bahkan stater sama sekali tidak berfungsi sehingga membuat Anda harus mengengkolnya. Ketika aki sudah mulai soak maka tanda-tandanya lampu yang mulai redup. Motor juga tidak mendapatkan daya yang cukup sehingga klason juga tidak berbunyi.

  • Air Aki Keruh

Kondisi air aki yang keruh juga menjadi ciri-ciri aki Anda sudah perlu diganti dengan membawanya ke bengkel Honda terdekat. Kondisi air aki yang keruh ini akan diketahui oleh teknisi ketika melakukan perawatan dengan melakukan pembersihan pada aki. Jika tidak melakukan penggantian aki maka akan membuat performa motor Anda menjadi menurun.

  • Tegangan Aki

Anda dapat mengetahui aki motor yang sudah mulai mengalami kerusakan jika tegangan pada aki kurang dari 10 Volt. Pengukuran ini akan dilakukan oleh teknisi ketika Anda membawa motor untuk di service ke bengkel motor Honda terdekat. Tegangan aki normal berkisar pada 12 volt.

Sebelum melakukan penggantian, Anda bisa melakukan charger aki terlebih dahulu sebagai solusi jika belum memiliki dana. Namun charger pada aki ini tidak akan bertahan lama dan dapat berakibat pada kualitas mesin motor Anda jika tetap memakai aki yang rusak ini.  

Anda sebaiknya melakukan penggantian aki di bengkel yang resmi atau di bengkel ahas. Harga aki di bengkel resmi akan sesuai dengan pasaran yang ada. Anda akan mendapatkan aki yang berkualitas dengan masa pakai selama dua tahun. Jika membeli di bengkel umum maka Anda akan mendapatkan aki yang tidak original yang masa pakainya singkat dengan harga yang mahal.

Category: OtomotiveTags:
author
No Response

Leave a reply "Ciri-Ciri Aki Motor yang Perlu Diganti di Bengkel Honda"